Rabu, 07 April 2010

Makna Membaca Basmalah

I. Membaca Basmalah Setiap Memulai Suatu Kebaikan Adalah Mendatangkan Berkah


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ


”Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. “

1. Ar-Rahman: Salah satu nama dari beberapa nama Allah Yang Maha Mulia yang diambil dari akar kata ar-Rahmah, yang menunjukan begitu besarnya kasih sayang Allah kepada semua makhluk tidak terkecuali. Sifat ar-Rahman ini dijelaskan dalam ayat lainya:

“Dan rahmatKu meliputi segala sesuatu.” (QS. Al-A’raaf: 156).

2. Ar-Rahiim: Salah satu sifat Allah Swt yang juga diambil dari akar kata Rahmah. Yang menunjukan besarnya kasih sayang Allah Swt kepada semua makhluk-Nya di dunia dan akhirat. Pakar tafsir ada yang menafsirkan bahwa kasih sayang ini hanya ditujukan kepada orang mukmin saja dengan alasan ayat:

“Dan Dia Maha Penyayang kepada orang-orang beriman.” (QS. Al-Ahzaab: 43)

Makna Basmalah (Membaca Bismilahirahmanirahim)
Aku memulai dengan nama Allah, memohon berkah, pertolongan dan petunjuk untuk menunaikan semua urusan dan agar supaya Allah mengabulkan.
Seakan-akan ayat ini mengajurkan agar semua bentuk aktifitas harian seharusnya dimulai dengan nama Allah (dengan membaca Basmalah). Agar apa yang dikerjakan mendapat keberkahan, manfaat ataupun hasil yang maksimal.
Contohnya (selain dari doa yang telah diajarkan Nabi Saw), membaca Basnalah ketika hendak makan, minum, memakai baju, masuk masjid, naik kendaraan, atau dalam setiap aktifitas. Berlandaskan sebuah hadist:

“ Setiap perbuatan baik yang tidak dimulai dengan membaca Basmalah, maka perbuatan itu tidak mendatangkan berkah (manfaat/pahala).”

Meskipun hadist ini dhaif (lemah) namun maksud hadist ini sesuai dengan hadist-hadist sahih (syahid).

Hukum Membaca Basmalah
Disunahkan bagi pembaca Al-Qur’an agar memulai dengan Basmalah ketika membaca permualaan surat dari Al-Qur’an. Namun tidak disunahkan ketika membaca surat at-Taubah.

0 komentar:

Posting Komentar

Edited by EXz
Visit Original Post Islamic2 Template