Sabtu, 24 April 2010

Ketika Neraka Jahannam Murka

Tafsir QS. 25:11-12

تفسير جامع البيان في تفسير القرآن/ الطبري (ت 310 هـ) مصنف و مدقق

(11) Bahkan mereka mendustakan hari kiamat. Dan Kami menyediakan neraka yang menyala-nyala bagi siapa yang mendustakan hari kiamat. (12) Apabila neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara nyalanya. (13) Dan apabila mereka dilemparkan ke tempat yang sempit di neraka itu dengan dibelenggu, mereka di sana mengharapkan kebinasaan.

Allah Ta'ala berfirman untuk memperingatkannya: "Wahai Muhammad, Apakah orang-orang musyrik itu mendustakan Allah dan menolak kebenaran yang engkau sampaikan karena engkau sama-sama makan dan berjalan di pasar. Sungguh mereka berbuat demikian karena mereka tidak yakin akan adanya hari berbangkit serta tidak mengakui akan adanya pahala dan siksa. Mendustakan hari Kiamat dan kehidupan setelah kematian lalu dikumpulkan pada hari Kiamat.

{Maka Kami sediakan} Kami siapkan neraka bagi mereka yang mendustakan hari dimana Allah membangkitkan mereka setelah kehidupan dunia fana ini dengan datangnya hari Kiamat. Mereka akan merasakannya dan pasti mengalaminya.

{Apabila neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh} maka ketika neraka itu melihat orang-orang yg mendustakan keberadaannya dari kejauhan seketika geram dan murkalah dia hingga suara gelegarnya meninggi dan apinya membesar menyala-nyala dahsyat.

Taghoyyazha : kalau diucapkan "Fulan Taghayyazha 'ala Fulan" artinya; si fulan sangat marah sekali kepadanya hingga jantungnya berdegup keras dan suara ucapannya meninggi.

Zafiron : adalah geraman dan hentakan suaranya.

Jika ada yg berkomentar : bagaimana bisa "at-tagyidl" (marah) bersuara? Jawabnya, yg dimaksud adalah suara gemuruh dari jilatan api yg sangat besar dan menyala-nyala.

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yg berbicara atas namaku padahal aku tidak mengucapkannya, maka disiapkan tempat duduknya di depan kedua mata jahannam." Para sahabat bertanya: "Wahai Rasulallah, apakah (jahannam itu) memiliki mata?" Beliau menjawab: "Bukankah kalian mendengar firman Allah, "Apabila neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh," (QS. Al-Furqan:12).

Al-Hasan menceritakan dari Abdurrazaq dari Ma'mar tentang firman Allah "mereka mendengar kegeramannya dan suara nyalanya." Ia berkata : Al-Manshur Bin Mu'tamir menceritakan dari Mujahid dari 'Ubaid Bin 'Umair dia berkata : "Sesungguuhnya Jahannam itu geram menyala-nyala tiada satupun malaikat bahkan para nabi kecuali menunduk ketakutan hingga Nabi Ibrahim-pun bersimpuh memohon kepada Allah agar dijauhkan dari sorotan matanya dan gelegar suara api jahannam seraya berdo'a : "Ya Rabb, tiada lagi yang kumohon kepada-Mu selain selamatkan aku di hari itu."

Ahmad Bin Ibrahim Ats-Tsauraqy berkata dari Ubaidillah Bin Musa dari Israil dari Abi Yahya dari Mujahid dari Ibnu Abbas, ia berkata: "Sungguh kelak ada seseorang yang diseret ke dalam neraka, tetapi ia saling tarik menarik (dengan malak azab). Maka Ar-Rahman (Allah) berkata : "Apa yang terjadi ?" Malak azab berkata : "Sungguh ia susah untuk diseret olehku." Maka Allah berfirman : "Lepaskanlah hamba-Ku !" Lalu ada lagi seorang yang diseret ke dalam neraka ia berkata : "Ya Rabb, aku tidak menyangka-Mu seperti ini." Allah berfirman: "Apa yang kau sangkakan?" ia menjawab : "Rahmat-Mu akan menolongku." Maka Allah berfirman: "Lepaskanlah hamba-Ku !" Ada lagi seorang yang diseret ke neraka. Api neraka itu menggelegar bagai jeritan keledai yang kelaparan dan menghentak-hentak (memburunya) hingga semuanya sangat ketakutan."

Dari Abu Hurairah RA., Rasulullah SAW bersabda: "Apabila salah seorang kalian selesai dari tasyahud akhir, maka minta perlindungan kepada Allah dari empat perkara dengan berdo’a penuh kesungguhan:

اللهمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

ALLOHUMMA INNI A'UDZUBIKA MIN ADZABI JA-HANNAMA WA MIN 'ADZABIL QOBRI WA MIN FIT-NATIL MAHYAA WAL MAMATI WA MIN SYARRI FITNATIL MASIHID DAJJAL

"Ya Allah, aku mohon perlindungan kepada Mu dari siksa neraka. jahanam dan dari siksa kubur dan fitnah hidup dan mati dan dari jahatnya fitnah dajaal. " (H.R. Bukhari I :211)

0 komentar:

Posting Komentar

Edited by EXz
Visit Original Post Islamic2 Template