Senin, 03 Mei 2010

Hikmah Persahabatan

Rasulullah bersabda:
"Perbaguslah persahabatan dengan sahabatmu, niscaya kamu menjadi muslim."

"Allah adalah sahabat. Dia menyukai persahabatan dan mendorong persahabatan."

"Persahabatan merupakan sesuatu yang berkaitan dengan harga diri dan kehormatan. Bila persahabatan pergi, maka yang datang adalah rusaknya martabat dan juga kondisi, tidak ada yang membantu dan melindungi."

Imam Ali berkata:
"Sahabat Anda ada tiga dan musuh Anda ada tiga. Sahabat Anda adalah: sahabat Anda, sahabat dari sahabat Anda dan musuh dari musuh Anda. Dan musuh Anda adalah: musuh Anda, musuh sahabat Anda, dan sahabat musuh Anda."

"Cintailah sahabat Anda sampai ke suatu batas, karena mungkin ia akan berbalik menjadi musuh Anda di suatu hari. Dan bencilah musuh Anda hingga ke suatu batas karena mungkin kelak ia berbalik menjadi sahabat Anda."

"Seorang sahabat bukanlah (sesungguhnya) sahabat, kecuali apabila ia memberikan perlindungan kepada temannya dalam tiga kesempatan: dalam kesukaran, dalam ketidakhadirannya dan dalam kematiannya."

"Anda harus mengelak dari bersahabat dengan orang 'tolol' karena ia mungkin berniat untuk memberi manfaat kepada Anda tetapi ia merugikan Anda; Anda harus mengelak dari bersahabat dengan orang kikir karena ia akan melarikan diri dari Anda ketika Anda paling memerlukannya; Anda harus mengelak bersahabat dengan orang pendosa karena ia akan menjual Anda dengan cuma-cuma; dan Anda harus mengelak dari bersahabat dengan pembohong karena ia adalah seperti bayangan khayali, membuat Anda merasakan barang yang jauh seperti dekat dan barang yang dekat seperti jauh."

0 komentar:

Posting Komentar

Edited by EXz
Visit Original Post Islamic2 Template